Thursday 27 January 2011

Bom Tewaskan Sembilan Orang


by Patani Fakta Dan Opini on Wednesday, 26 January 2011 at 07:44
 
 
Ledakan bom di selatan Thailand pada Selasa (25/1) menewaskan sembilan dan melukai dua orang, Kata polis mengenai kekerasan terbaru yang terjadi di wilayah terkoyak oleh gerilyawan.
Bom yang meledak seberat 20 kg. di pinggir jalan pada sekitar 17.30 di desa Paderu, Yaha, yang masuk wilayah Provinsi Yala, kata polis. Korban diperkirakan penganut Buddha yang pulang dari memburu babi hutan.
Kejadian itu menyusul serangan terang-terangan oleh para pejuang ke markas militer kerajaan Bangkok di Narathiwat pekan lalu, serta rampasan sebanyak 53 pucuk senjata di Barak Militer tersebut yang menewaskan enam tentara dan melukai cedera ringan 26 orang dan yang cedera parah seramai 15 orang.

Pejuang Melayu Patani telah mengampanyekan menuntut kemerdekaan Patani di wilayah paling selatan Thailand yang berbatasan dengan Malaysia sejak awal 2004, menyebabkan lebih dari 4.400 tewas.

Thailand memperpanjang masa peraturan darurat pekan lalu selama tiga bulan di daerah yang majority Etnis Melayu, meski sejumlah kelompok pembela hak asasi mengkhawatirkan wewenang yang diberikan kepada militer.

· · Share

No comments:

Post a Comment